SILABUS MATA
PELAJARAN
Nama Sekolah : ……………………………………………………
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran : Dasar
Disain Grafis
Durasi (Waktu) : 144
jam
Kelas/Semester : X
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik
Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik, dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan
orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1
Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa
garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
4.1
Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa
garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
5
|
||||
3.2
Mendiskusikan fungsi, dan unsur
warna CMYK dan RGB
4.2
Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur
warna CMYK dan RGB
|
5
|
||||
3.3
Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak,
antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
4.3
Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak,
antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
5
|
||||
3.4
Mendiskusikan berbagai format gambar
4.4
Menempatkan berbagi format gambar
|
2
|
||||
3.5
Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam
desain
4.5
Melakukan
proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan
alat scanner dalam desain
|
3
|
||||
3.6
Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor
4.6
Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
|
15
|
||||
3.7
Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan
fitur efek
4.7
Memanipulasi gambar vektor dengan
menggunakan fitur efek
|
20
|
||||
3.8
Menerapkan pembuatan desain berbasis
gambar vektor
4.8
Membuat
desain berbasis gambar vektor
|
35
|
||||
3.9
Menerapkan perangkat lunak pengolah
gambar bitmap (raster)
4.9
Menggunakan
perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
|
15
|
||||
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
4.10 Memanipulasi
gambar raster dengan menggunakan
fitur efek
|
20
|
||||
3.11 Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)
4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap
(raster)
|
25
|
||||
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
4.12 Membuat desain penggabungan
gambar vektor dan bitmap (raster)
|
30
|
0 Comments