SILABUS DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X


SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah            : ……………………………………………………
Bidang Keahlian        :   Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian :   Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran           :   Dasar Disain Grafis
Durasi (Waktu)          :   144 jam
Kelas/Semester          :   X
KI-3 (Pengetahuan)    :   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)   :    Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.



Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1     Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

4.1     Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang


5


3.2     Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB

4.2     Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB


5


3.3     Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis

4.3     Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis


5


3.4     Mendiskusikan berbagai format gambar

4.4     Menempatkan berbagi format gambar


2


3.5     Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain

4.5     Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain


3


3.6     Menerapkan  perangkat lunak pengolah gambar vektor

4.6     Menggunakan  perangkat lunak pengolah gambar vektor


15


3.7     Menerapkan  manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek

4.7     Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek


20


3.8     Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor

4.8     Membuat desain berbasis gambar vektor


35


3.9     Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)

4.9     Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)


15


3.10 Menerapkan  manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek

4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek


20


3.11 Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)

4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)


25


3.12 Mengevaluasi  penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)

4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)


30




0 Comments